Friday, February 7, 2014

Walikota: 2014 Tingkat Sumsel, 2015 se-Sumbagsel


WALIKOTA Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe, membuka Pendidikan dan Pelatihan Latihan Kepemimpinan Siswa (Diklat LKS) angkatan ke-XI se-Kota Lubuklinggau, yang dipusatkan diaula Badan Diklat Lubuklinggau,Senin (3/2).
Pembukaan Diklat ini juga dihadiri, Ketua DPRD Lubuklinggau, Hasbi Asadiki, Kapolres Lubuklinggau, AKBP Dover Cristian L Gaol, Staf ahli dan asisten, Kepala SKPD dan kepala SMA/SMK dan MA se-Kota Lubuklinggau.
Dalam pengarahanya, Walikota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe menyampaikan bahwa Diklat LKS tingkat Kota Lubuklinggau, baru kali pertama yaitu diangkatan XI dibuka langsung oleh Walikota Lubuklinggau.Karena selama ini meski yang membuka adalah dirinya namun masih menjabat Wakil Walikota Lubuklinggau.
“Hari ini (kemarein.red) adalah sejarah bagi LKS Lubuklinggau, karena dari angkatan I-X diklat LKS belum pernah dibuka Walikota, nah baru diangkatan XI ini dibuka oleh Walikota, dihadiri ketua DPRD, Kapolres dan jajaran saya lainya,”kata Walikota.
Diungkapkan Walikota, saat ini muncul kekhawatiran terhadap generasi muda bangsa yang kain tergerus oleh pengaruh negative perkembangan ilmu dan teknologi, salah satunya yang terjadi di Nasional, anak muda yang tidak menunjukan kesopanan terhadap pemimpin.
“Hal ini jangan sampai terjadi di Kota Lubuklinggau, jangan bodoh, anak-anak linggau harus cerdas, dan mempunyai karakter , bisa sopan santun, menghargai pemimpin, dan etika yang baik kepada siapaun. Dan hari ini harus kita syukuri masih ada organisasi yang tetap eksis memberikan pembinaan terhadap generasi muda yaitu LKS, ini kedepan harus terus kita tingkatkan,”kata Walikota.
Walikota berharap, pelaskanaan LKS tingkat provinsi angkatan ke-XXI se-Sumatera Selatan yang mana Lubuklinggau menjadi tuan rumah dapat terlaksana dengan sukses. Bahkan Walikota meminta 2015 mendatang PB IKA LKS Lubuklinggau dapat melaksanakan kegiatan LKS se-Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel).
“ 2015 kita akan melaksanakan Visit Linggau , yang artinya tahun kunjungan, dimana akan banyak orang-orang luar daerah akan hadir di Kota Lubuklinggau. Nah ,kita harus bersiap dan berbenah diri menyambut program tersebut. Akan banyak kegiatan di 2015, LKS nanti bisa melaksanakan kegiatan LKS se-Sumatera Bagian Selatan,”tambah Walikota.
Dalam kesempatan ini juga, Walikota Lubuklinggau memaparkan visi dan misi Pemerintah Kota Lubuklinggau dimasa kepemimpinnya bersama H Sulaiman Kohar. Diantaranya bidang pendidikan, keagamaan, keamanan, pariwisata, infrastruktur, dan lain sebagainya.
“ Khusus dbidang pendidikan sudah ada beberapa program yang telah dan akan dilaksanakan, seperti Bus pelajar, Beasiswa guru dan siswa, atribut sekolah gratis,kepramukaan, sekolah unggulan dan lain sebagainya. Dibidang kesehatan kita sudah ada Mobil Clinik Center yang stabye 24 jam, tinggal telpon saja ke 555 atau 0818033355555 nanti petugas akan datang memberikan pelayanan kesehatan gratis. Nah tahun 2014 adalah tahun pembuktian bagi pemerintah kota.Infromasi program-program ini harus ditularkan kepada masyarakat lainya, supaya semua orang tahu apa yang akan dan telah dilakukan pemerintah dalam membangun Kota Lubuklinggau ini,”terang Walikota.
Sementara itu,Dewan Pembina PB IKA LKS Lubuklinggau, Hasbi Asadiki, dalam sambutanya menyampaikan bahwa Diklat LKS kota angkatan ke-XI se-Kota Lubuklinggau sudah menjadi lebih baik dari tahun sebelumya.
“ Kegiatan seperti ini jarang bisa dilakukan oleh organisasi lainya, LKS setiap tahun tetap eksis melaksanakan pendidikan dan pembinaan generasi muda, ini harus kita support,”kata Hasbi.
Ketua PB IKA LKS Lubuklinggau, Sri Prades dalam sambutanya mengatakan bahwa Diklat LKS Kota merupakan tindaklanjut dari LKS tingkat unit, yang kemudian kedepanya akan dilanjutkan kembali ketingkat provinsi.
“ Tema dalam kegiatan ini sengaja kami mengangkat tema membangun generasi muda yang memiliki jiwa kepemimpinan yang cerdas, inovatif, cepat , bertanggungjawab dan berkarakter madani untuk mewujudkan kota madani, dalam menyambut visit linggau 2015. Tema ini sejalan dengan tagline dan program dari pada Walikota Lubuklinggau. Melalui diklat ini kami berharap dapat menumbuhkan karakter madani didalam diri pemuda kota lubuklinggau,”paparnya.
Menurutnya,untuk mendukung perwujudan masyarakat madani hal pertama yang bisa dilakukan adalah membentuk  karakter madani  para generasi bangsa. Yaitu generasi muda yang bisa hidup rukun dan damai didalam keberagaman. Sesuai dengan madani yang dimaksud oleh Pemerintah Kota Lubuklinggau, yaitu menyatukan keberagaman yang ada untuk hidup rukun dan damai.
Ketua panitia, Ria Monika dalam laporanya menyampaikan diklat LKS kota angkatan ke-XI tersebut diikuti 168 orang, rincianya, 89 putri dan 79 peserta putra. Keseluruhan peserta dan panitia selama empat hari diasramakan di Bandiklat Lubuklinggau.(Harian Silampari/Sumatera Hari ini)







No comments:

Post a Comment